Pendampingan Akreditasi UMPalembang | Lembaga Penjaminan Mutu UMPalembang

Berita Kategori - Akreditasi

Diposting : Lembaga Penjaminan Mutu   Tanggal : 03 Maret 2018 14:36:22   Dibaca : 292 Kali

Pendampingan Akreditasi UMPalembang



UMPalembang Gelar Bimtek AIPT Menuju Akreditasi A

Universitas Muhammadiyah Palembang pada awal tahun 2019 akan melaksanakan reakreditasi, dan Universitas Muhammadiyah Palembang (UMPalembang) menargetkan meraih Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) dengan peredikat A. Melalui Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah melakukan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) dan pendampingan khusus kepada pimpinan dan tim AIPT UMPalembang dalam rangka menuju AIPT predikat A. Bertempat di Aula Kantor Pusat Administrasi Universitas Muhammadiyah Palembang, 3-4 Maret 2018.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dalam mendorong UMPalembang yang memiliki nilai AIPT mendekati A. Institusi UMPalembang sendiri di akreditasi AIPT terakhir pada 2014 dengan meraih nilai 312, hanya kurang sedikit lagi untuk meraih predikat A.

Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec., dan Dr. Suliswiyadi, MA., serta Munawar Khalil, M.Si., menjadi narasumber dan tim pendampingan dari Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutanya, Rektor Universitas Muhammadiyah Palembang Dr. Abid Djazuli, S.E., M.M., mengatakan, sudah hampir selama 6 bulan terakhir ini, tim AIPT UMPalembang sudah menyiapkan borang dan dokumen pendukung untuk menuju status AIPT dengan peringkat A. Bimtek dan pendampingan ini dilakukan untuk persiapan data dukung dari isi borang dan evaluasi, serta melengkapi semua dokumen dan pembenahan dokumen borang yang belum lengkap.

Lebih lanjut Dr. Abid Djazuli menambahkan, sumber daya manusia yang di miliki UMPalembang sudah mengalami peningkatan dengan memiliki dosen bergelar Doktor sebanyak 49 dosen dan mempunyai 2 guru besar. Dengan potensi yang dimiliki UMPalembang tersebut, UMPalembang optimis bisa meraih AIPT peringkat dan persiapan borang AIPT UMPalembang sudah 90% dan pendampingan ini dalam rangka melengkapi kelengkapan yang masih kurang.

Pada kesempatan yang sama Prof. Dr. H. Edy Suandi Hamid, M.Ec., mengungkapkan bahwa, Universitas Muhammadiyah Palembang harus melibatkan semua potensi yang dimiliki UMPalembang dan juga dukungan dari perguruan tinggi Muhammadiyah (PTM) yang sudah meraih AIPT predikat A seperti UMYogyakarta, Uhamka, UAD, UMSurakarta, dan UMMalang serta Majelis Dikti PP Muhammadiyah, karena tim yang solid dan bekerja melibatkan semua stakeholder akan mmebuahkan hasil yang baik.

"Majelis Diktilitbang menargetkan UMPalembang menjadi salah satu PTM yang meraih pertama AIPT predikat A di luar pulau Jawa" ungkap Prof. Edy Suandi Hamid.

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) periode 2006-2014 ini juga menambahkan, masyarakat sekarang sudah melihat AIPT untuk masuk di perguruan tinggi, karena AIPT juga menjadikan sebuah perguruan tinggi (PT) terlihat bagus di masyarakat. Karena standar akreditasi yang dibuat BAN PT sudah paling komprehensif, sehingga penjaminan mutu harus dilakukan secara terus menerus dan komprehensif dalam mendukung PT untuk maju dan lebih baik. Olehkarena itu, pada pendampingan dan bimtek yang dilaksanakan hari ini berupa bedah borang dan cek isi dokumen pendukung dalam rangka mendukung UMPalembang meraih AIPT predikat A tahun 2019.


Semoga bermanfaat, silahkan bagikan ke teman Anda:

Cari Berita

Facebook Kami

Tokoh Inspiratif

Tidak Ada Tokoh Baru

Agenda Bulan Ini

  • Tidak Ada Agenda Baru!

Pengumuman

Artikel

Tidak Ada Artikel Baru !

Statistik

Pengunjung hari ini : 15
Total pengunjung : 12277
Hits hari ini : 54
Total hits : 155911
Pengunjung Online : 1
Administrator Online : 0